Rabu, 27 Maret 2013

FOB adalah initialism yang berkaitan dengan pengiriman barang. Tergantung pada penggunaan tertentu, mungkin berdiri untuk Free On Board atau Pengangkutan On Board. FOB menentukan partai mana (pembeli atau penjual) yang membayar pengiriman dan pemuatan biaya, dan / atau di mana tanggung jawab atas barang ditransfer. Perbedaan terakhir adalah penting untuk menentukan kewajiban atau risiko kehilangan barang hilang atau rusak dalam perjalanan dari penjual kepada pembeli.
Makna yang tepat dan penggunaan "FOB" dapat bervariasi secara signifikan. Pengiriman internasional biasanya menggunakan "FOB" seperti yang didefinisikan oleh standar Incoterm, di mana ia selalu berdiri untuk "Free On Board". Pengiriman domestik di AS atau Kanada sering menggunakan arti yang berbeda, khusus untuk Amerika Utara, yang tidak konsisten dengan standar Incoterm.
Amerika Utara penggunaan FOB sesuai dengan Incoterms kurang lebih sebagai berikut:Amerika Utara IncotermFOB shipping point atau titik FOB shipping, pengiriman mengumpulkan FCA titik pengirimanFOB shipping point, barang prabayar CPT tujuanFOB destination atau tujuan FOB, freight tujuan DAP prabayarFOB tujuan, pengiriman mengumpulkan No setara IncotermIsi

    
* 1 Incoterm
    
* 2 Amerika Utara
    
* 3 Akuntansi dan audit
    
* 4 Referensi
 IncotermsInformasi lebih lanjut: Incoterms
Berdasarkan standar Incoterm diterbitkan oleh International Chamber of Commerce, FOB singkatan dari "Free On Board", dan selalu digunakan dalam hubungannya dengan pelabuhan muat [1]. Menunjukkan "FOB port" berarti bahwa penjual membayar untuk transportasi dari barang ke pelabuhan pengiriman, ditambah biaya beban. Pembeli membayar biaya transportasi angkutan laut, asuransi, bongkar, dan transportasi dari pelabuhan kedatangan ke tujuan akhir. Berlalunya risiko terjadi ketika barang melewati pagar kapal di pelabuhan pengiriman.
Misalnya, "FOB Vancouver" menunjukkan bahwa penjual akan membayar untuk transportasi barang ke pelabuhan Vancouver, dan biaya muat barang ke kapal kargo (ini termasuk pedalaman pengangkutan, Bea cukai, asal biaya dokumentasi, demurrage jika ada, biaya penanganan Pelabuhan asal, dalam hal ini Vancouver). Pembeli membayar semua biaya di luar itu titik (termasuk bongkar). Tanggung jawab untuk barang dengan penjual sampai barang melewati pagar kapal. Setelah kargo sudah lewat pagar kapal dan di kapal, pembeli mengasumsikan resiko.
Karena potensi kebingungan dengan penggunaan Utara dalam negeri Amerika "FOB", disarankan bahwa penggunaan Incoterms secara eksplisit ditentukan, bersama dengan edisi standar [2] [3]. Misalnya, "FOB New York (Incoterms 2000 ) ". Incoterms diterapkan terutama untuk perdagangan internasional, bukan perdagangan dalam negeri dalam suatu negara.
Ini penggunaan "FOB" berasal dari hari-hari kapal berlayar. Ketika pertama ICC menulis pedoman mereka untuk penggunaan istilah pada tahun 1936, [4] rel kapal sering masih relevan, sebagai barang sering melewati rel dengan tangan. Dalam era modern containerization, "rel kapal" istilah agak kuno untuk tujuan perdagangan. Standar telah mencatat hal ini. Incoterms 1990 menyatakan, "Ketika kereta api kapal tidak melayani tujuan praktis, seperti dalam kasus lalu lintas roll-on/roll-off atau wadah, istilah FCA lebih tepat untuk digunakan." Incoterms 2000 mengadopsi kata-kata, "Jika para pihak tidak berniat untuk mengirimkan barang-barang melintasi rel kapal, istilah FCA harus digunakan." [1][Sunting] Amerika Utara
Di Amerika Serikat, FOB istilah umum digunakan saat pengiriman barang untuk menunjukkan siapa yang membayar biaya bongkar muat dan transportasi, dan / atau tempat di mana tanggung jawab transfer barang dari pengirim ke pembeli.
"FOB shipping point" atau "asal FOB" menunjukkan pembeli membayar biaya pengiriman dan mengambil tanggung jawab untuk barang pada saat barang meninggalkan tempat penjual. "FOB tujuan" menunjuk penjual akan membayar biaya pengiriman dan tetap bertanggung jawab atas barang sampai pembeli mengambil kepemilikan [5].
Sebelumnya, di bawah Uniform Commercial Code, baik "asal FOB" dan "tujuan FOB" meninggalkan penjual bertanggung jawab untuk membayar biaya pemuatan barang di atas kapal pembawa, maka "Free On Board". Ketika pembeli bertanggung jawab untuk memuat biaya juga, istilah UCC adalah "FAS", "Free Selain". [6] Saat ini, UCC telah dihapus FOB dan FAS meninggalkan definisi istilah-istilah ini hingga penafsiran para pihak atau hukum negara yang berlaku itu. Banyak negara telah sepenuhnya atau sebagian mengadopsi istilah UCC tanpa menyadari bahwa UCC telah meninggalkan definisi. [7] [tidak dalam kutipan yang diberikan]
Sebuah istilah terkait tetapi terpisah "CAP" ("pelanggan diatur pickup") digunakan untuk menunjukkan bahwa pembeli akan mengatur pembawa pilihan mereka untuk memilih barang sampai di tempat penjual, dan tanggung jawab untuk setiap kerusakan atau kerugian milik pembeli.[Sunting] Akuntansi dan audit
Di masa lalu, Anda akan dapat menentukan kapan gelar ditransfer untuk barang didasarkan pada titik FOB. Sebagai contoh, pada tahun dan periode-end barang dalam perjalanan bawah "FOB tujuan" (Amerika Utara penggunaan) muncul pada neraca penjual tetapi tidak dalam neraca pembeli, karena risiko dan manfaat dari perubahan kepemilikan kepada pembeli di "tujuan" port.
Adalah jauh lebih mudah untuk menentukan transfer judul ketika dengan mengacu pada persyaratan yang telah disepakati dan kondisi transaksi, biasanya, judul melewati dengan risiko kerugian. Pengalihan hak dapat terjadi pada waktu yang berbeda (atau peristiwa) dibanding istilah pengiriman FOB. Pengalihan hak adalah unsur pendapatan yang menentukan siapa yang memiliki barang dan nilai yang berlaku.
Biaya impor ketika mereka mencapai perbatasan satu negara untuk memasuki negara lain di bawah kondisi FOB Destination adalah karena di pelabuhan pabean negara tujuan. [8]
Dengan munculnya e-commerce, transaksi elektronik paling komersial terjadi di bawah ketentuan "FOB shipping point" atau "FCA titik pengiriman".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar