FOB adalah initialism yang berkaitan dengan pengiriman barang. Tergantung pada penggunaan tertentu, mungkin berdiri untuk Free On Board atau Pengangkutan On Board. FOB
menentukan partai mana (pembeli atau penjual) yang membayar pengiriman
dan pemuatan biaya, dan / atau di mana tanggung jawab atas barang
ditransfer. Perbedaan
terakhir adalah penting untuk menentukan kewajiban atau risiko
kehilangan barang hilang atau rusak dalam perjalanan dari penjual kepada
pembeli.
Makna yang tepat dan penggunaan "FOB" dapat bervariasi secara signifikan. Pengiriman
internasional biasanya menggunakan "FOB" seperti yang didefinisikan
oleh standar Incoterm, di mana ia selalu berdiri untuk "Free On Board". Pengiriman
domestik di AS atau Kanada sering menggunakan arti yang berbeda, khusus
untuk Amerika Utara, yang tidak konsisten dengan standar Incoterm.
Amerika Utara penggunaan FOB sesuai dengan Incoterms kurang lebih sebagai berikut:Amerika Utara IncotermFOB shipping point atau titik FOB shipping, pengiriman mengumpulkan FCA titik pengirimanFOB shipping point, barang prabayar CPT tujuanFOB destination atau tujuan FOB, freight tujuan DAP prabayarFOB tujuan, pengiriman mengumpulkan No setara IncotermIsi
* 1 Incoterm
* 2 Amerika Utara
* 3 Akuntansi dan audit
* 4 Referensi
IncotermsInformasi lebih lanjut: Incoterms
Berdasarkan
standar Incoterm diterbitkan oleh International Chamber of Commerce,
FOB singkatan dari "Free On Board", dan selalu digunakan dalam
hubungannya dengan pelabuhan muat [1]. Menunjukkan "FOB port" berarti
bahwa penjual membayar untuk transportasi dari barang ke pelabuhan pengiriman, ditambah biaya beban. Pembeli
membayar biaya transportasi angkutan laut, asuransi, bongkar, dan
transportasi dari pelabuhan kedatangan ke tujuan akhir. Berlalunya risiko terjadi ketika barang melewati pagar kapal di pelabuhan pengiriman.
Misalnya,
"FOB Vancouver" menunjukkan bahwa penjual akan membayar untuk
transportasi barang ke pelabuhan Vancouver, dan biaya muat barang ke
kapal kargo (ini termasuk pedalaman pengangkutan, Bea cukai, asal biaya
dokumentasi, demurrage jika ada, biaya penanganan Pelabuhan asal, dalam hal ini Vancouver). Pembeli membayar semua biaya di luar itu titik (termasuk bongkar). Tanggung jawab untuk barang dengan penjual sampai barang melewati pagar kapal. Setelah kargo sudah lewat pagar kapal dan di kapal, pembeli mengasumsikan resiko.
Karena
potensi kebingungan dengan penggunaan Utara dalam negeri Amerika "FOB",
disarankan bahwa penggunaan Incoterms secara eksplisit ditentukan,
bersama dengan edisi standar [2] [3]. Misalnya, "FOB New York (Incoterms
2000 ) ". Incoterms diterapkan terutama untuk perdagangan internasional, bukan perdagangan dalam negeri dalam suatu negara.
Ini penggunaan "FOB" berasal dari hari-hari kapal berlayar. Ketika
pertama ICC menulis pedoman mereka untuk penggunaan istilah pada tahun
1936, [4] rel kapal sering masih relevan, sebagai barang sering melewati
rel dengan tangan. Dalam era modern containerization, "rel kapal" istilah agak kuno untuk tujuan perdagangan. Standar telah mencatat hal ini. Incoterms
1990 menyatakan, "Ketika kereta api kapal tidak melayani tujuan
praktis, seperti dalam kasus lalu lintas roll-on/roll-off atau wadah,
istilah FCA lebih tepat untuk digunakan." Incoterms
2000 mengadopsi kata-kata, "Jika para pihak tidak berniat untuk
mengirimkan barang-barang melintasi rel kapal, istilah FCA harus
digunakan." [1][Sunting] Amerika Utara
Di
Amerika Serikat, FOB istilah umum digunakan saat pengiriman barang
untuk menunjukkan siapa yang membayar biaya bongkar muat dan
transportasi, dan / atau tempat di mana tanggung jawab transfer barang
dari pengirim ke pembeli.
"FOB
shipping point" atau "asal FOB" menunjukkan pembeli membayar biaya
pengiriman dan mengambil tanggung jawab untuk barang pada saat barang
meninggalkan tempat penjual. "FOB
tujuan" menunjuk penjual akan membayar biaya pengiriman dan tetap
bertanggung jawab atas barang sampai pembeli mengambil kepemilikan [5].
Sebelumnya,
di bawah Uniform Commercial Code, baik "asal FOB" dan "tujuan FOB"
meninggalkan penjual bertanggung jawab untuk membayar biaya pemuatan
barang di atas kapal pembawa, maka "Free On Board". Ketika
pembeli bertanggung jawab untuk memuat biaya juga, istilah UCC adalah
"FAS", "Free Selain". [6] Saat ini, UCC telah dihapus FOB dan FAS
meninggalkan definisi istilah-istilah ini hingga penafsiran para pihak
atau hukum negara yang berlaku itu. Banyak negara telah sepenuhnya atau sebagian mengadopsi istilah UCC tanpa menyadari bahwa UCC telah meninggalkan definisi. [7] [tidak dalam kutipan yang diberikan]
Sebuah
istilah terkait tetapi terpisah "CAP" ("pelanggan diatur pickup")
digunakan untuk menunjukkan bahwa pembeli akan mengatur pembawa pilihan
mereka untuk memilih barang sampai di tempat penjual, dan tanggung jawab
untuk setiap kerusakan atau kerugian milik pembeli.[Sunting] Akuntansi dan audit
Di masa lalu, Anda akan dapat menentukan kapan gelar ditransfer untuk barang didasarkan pada titik FOB. Sebagai
contoh, pada tahun dan periode-end barang dalam perjalanan bawah "FOB
tujuan" (Amerika Utara penggunaan) muncul pada neraca penjual tetapi
tidak dalam neraca pembeli, karena risiko dan manfaat dari perubahan
kepemilikan kepada pembeli di "tujuan" port.
Adalah
jauh lebih mudah untuk menentukan transfer judul ketika dengan mengacu
pada persyaratan yang telah disepakati dan kondisi transaksi, biasanya,
judul melewati dengan risiko kerugian. Pengalihan hak dapat terjadi pada waktu yang berbeda (atau peristiwa) dibanding istilah pengiriman FOB. Pengalihan hak adalah unsur pendapatan yang menentukan siapa yang memiliki barang dan nilai yang berlaku.
Biaya
impor ketika mereka mencapai perbatasan satu negara untuk memasuki
negara lain di bawah kondisi FOB Destination adalah karena di pelabuhan
pabean negara tujuan. [8]
Dengan
munculnya e-commerce, transaksi elektronik paling komersial terjadi di
bawah ketentuan "FOB shipping point" atau "FCA titik pengiriman".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar